bihun vs soun

My (Polish) best friend Iza and I had a blast conversation today. One of the topics we discuss was white, transparent noodle we (Indonesian) call as “soun”. Also “bihun”. And, oh, “vermicelli”. Okay, what are those. I said to her, to be honest, I had no idea what’s the different between soun, bihun, and vermicelli…

Mantan: The Beautiful Lesson

Banyak yang update status terkait mantan hari ini. Rerata, bernada bete dan enekk. Atuhlah jangan gitu, KawaNina. Sebelum jadi mantan kan mereka juga temen, trus jadi demen, dan karena tidak digariskan berjodoh, ya batal jadi manten. Atau mungkin sudah pernah manten sama dia, lalu karena qodarullah, si dia berakhir jadi mantan. Wallahua’lam. Yang jelas, biarlah…

[Wisdom] Pelukan yang Selamanya Memeluk Saya

Cerita pengalaman sepupu saya yang menjadi relawan ACT untuk pengungsi Rohingya di Aceh. Sedikit mengenai sepupu saya ini, beliau bernama Nurman Priatna, anak dari Surya dan Ratna Hazil (almh). Ia adalah cucu Hazil Tanzil (alm), seorang ekonom besar di era 70an yang telah meluncurkan beberapa buku tentang ekonomi. Hazil Tanzil adalah adik kandung dari kakek…

[Wisdom] Bincang Hidup dan Mati bersama Pak Saidi

Pagi ini saya sengaja mendatangi lagi halte Indomaret Pupan, Ciputat, tidak ke pool APTB di Gaplek. Berasa kangen sama Pak Saidi, tukang parkir Pupan. Apalagi teringat, terakhir berbincang dengan beliau adalah ketika ibunya sakit. Keluarga dan KawaNina yang tekun mengikuti wall FB saya pasti ingat siapa beliau. Beberapa kali saya sharing cerita tentang Pak Saidi…

Loe tu Nggak Care Sama Sekeliling

Tubuh saya gemetaran. Entah karena menggigitnya dingin AC ruangan kantor, atau saya menggigil karena antisipasi menunggu jawaban Diana, sahabat saya.Sementara menunggu jawaban dia, pikiran saya kembali ke peristiwa beberapa jam sebelumnya. Saya bertemu kembali dengan beberapa kawan SMP–Aty, Robi dan Agif; serta guru-guru SMP kami, di sekolah. Benak saya dipenuhi buncahan kebahagiaan. Kami bernostalgia masa-masa…

Elo tuh Muna

http://galaupedia.files.wordpress.com/2011/12 “JP sempet bilang, ‘Gue suka sama seseorang. Tapi udahlah, itu masa lalu.’ Dan gw tau kok siapa ‘seseorang’ yang dia maksud,” kata kamerad lama saya. Sore itu, saya dan kawan lama, masih membicarakan soal kamerad yang “hilang”–kami sepakat memanggilnya JP Kamerad saya lantas melanjutkan, “Trus dia bilang, elo tuh muna..” PLAKKKK!!! Yup. Kalimat itu menampar saya. Telak….

Tetaplah Menjadi Bintang di Langit

Sepertinya ikrar bahwa saya tidak pernah dan tidak akan pernah galau, pecah telor hari ini (Jumat, 27 Juli 2012). Ya, untuk pertama kalinya dalam hidup, saya GALAU–meski tidak terlalu mengerti sebenarnya makna galau ini apa sih. Saya cuma ikutan istilah anak-anak saya yang udah pada remaja aja. Hehehe.. Lha kok bisa ya saya galau? Di…

Semoga Ananda Rosyid Disembuhkan

Nama: Muhammad Nur Rosyid F.Lahir: Sukabumi, 24 Januari 2011Alamat: Kp. Pasir Daleum Rt 01/01, Ds. Babakanpari, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Ananda Rosyid mengidap penyakit hydrocephalus, sementara sang ibu meninggal saat melahirkannya. Rosyid baru dioperasi di RS Bunut, Kota Sukabumi dengan biaya JAMKESDA. Kini masih dalam pengawasan dokter dan masih dirawat di RS tersebut,…

[CerpeNina] Surat untuk Jo

Sebenernya saya nulis cerita ini sudah lama sekali. Sekitar tahun 2004. Berhubung kemarin kamerads saya The Kacruters membuat tantangan #TheKacrutMenulis dengan tema baru–dan kebetulan temanya adalah SURAT”–saya pikir…nah, cerpen ini sajalah yang saya tampilkan lagi. Diperbaharui sedikit. Yang penting muatan filosofinya nggak hilang. Hehehe.. Intinya, saya ngga cheat kan? Hahahaha..Selamat membaca..   Dear Jo, Apa kabar?…

[TheKacrutTheme] Say No To Bully – Opini

Entah sudah berapa lama saya kelewat tema tulisan #TheKacrutMenulis ini. Tau-tau tadi iseng ngasih usulan tema “Bully”, hehehehe.. Entah diterima atau tidak usulan tema tersebut, saya mau nulis sedikit tentang “Bully” ini. Bully, atau dalam bahasa Indonesianya “Bulan-bulanan”, adalah tindakan yang biasa dilakukan oleh sekelompok orang terhadap orang lain. Kalau bahasa gaulnya zaman saya SMP…

[TheKacrutTheme] Obsesi – Opini

Begitu Kacruter mengumumkan tema baru “Obsesi”, saya jadi nyengir sejadi-jadinya. *kebayang gak, gimana tu bentuk nyengirnya*Mendadak, terbayang iklan sebuah produsen rokok yang meng-highlight soal obsesi ini. Dan kocak-kocak semua adegan iklannya. Ada yang obsesi jadi selebritis, obsesi eksis, obsesi sutradara… obsesi apa lagi ya….banyak deh. Si pembuat iklan niy bener-bener sukses menjadikan tema “obsesi” sebagai…