Quakes and Ace

Okay, so, I have written an entry of what happened last night: the two minutes quake in Jakarta, caused by a 10 km depth quake somewhere in Banten sea (Southern part of West Java) which magnitude is 7.4 Richter Scale. I wrote about the people I informed and received information from: my children, family, friends, and also Ace–my dearest friend in Netherland.

I sent him some screenshots from government’s announcement regarding to the quake and early tsunami warning. And I also sent him the 2 minutes video I recorded when the quake was happening, where the chandelier in the middle office room swaying–although not violently, still it’s quite “impressive” since the chandelier is big and heavy, and yet it swayed, caused by the quake.

The one thing freaked me out is because the quake is a quite long. Solid 2 minutes, I told you! Isn’t earthquake usually only happens for 30-40 seconds? It may stop and shake again, but not that short, right? Well, this is kinda my first time experiencing 2 minutes of earthquake. I recorded it and I touched the wall to make sure whether it stops or still shaking. Well, it was still shaking.

Anyways, I know, Ace must have heard the news by then, about earthquake in Jakarta. Not (just) Banten, not Bali, not Sulawesi, but Jakarta. And I know, I am the first person he thinks about, since I am his best true friend. ๐Ÿ˜…๐Ÿ™ Well, Pak Yana (his driver in Jakarta) also live here, in Bekasi, which is near Jakarta, but I’m not sure Ace would contact him to ask if he’s alright. ๐Ÿ˜…

And, yup, Ace called me about 30 minutes later. Asking how I am. As expected, he also learned of the early tsunami warning issued by the Government of Indonesia, to warn people who live in the coastal areas along Banten shore and also Lampung, Sumatra.

When he called, the connection was bad. And I can hear his frustrated voice. He was annoyed by the bad internet connection. But I calmly answer him. ๐ŸŒผ๐Ÿ’ƒ When finally the connection improved, he sounds relieved. We talked like normal, but not so much. I mean, I can sense he’s worried sick for me, but the covered it all very well within his (nervous) laugh. He tried to teased and joke with me, and of course I laughed too.

He said, there will come a 40-50 meters tsunami force. I replied, “No shit, Nostradamus. Don’t say that..” ๐Ÿคฃ

“No, really, it’s going to happen. You must find higher ground and save yourselves..”

“Uhm, hopefully nothing’s gonna happen. If it happens, then I’ll see you on the other side, A. I’ll meet you in the gate of jannah, inshaallah. I’ll make some reservations for you there,” I chuckled.

He laughed awkwardly at first, but I let him know that I can handle such jokes, so he continued the joke. We both laughed and he kept teasing me with scary tsunami joke. ๐Ÿคฃ He knows I have sarcasms in my blood and I can handle even the harshest jokes.

“I can hear the rumble, sound of the tsunami right now,” he said it.

“How do you know it’s the sound of tsunami? It’s the sound of my breath, A. You hear it wrong,” I replied. He laughed quite long. Still worried, but a bit relieved, I think. Knowing that I am still very relaxed and calm about the whole things. ๐Ÿ˜œ

Oh, Ace, can’t you see I am the one who understand and laugh at your wicked jokes? ๐Ÿ˜

Too bad we didn’t talk much, since he has to attend Juma prayer. “Pray for me, A,” I said. A bit seriously.

“Don’t worry, I will call you again after this. I didn’t call nor chatting anyone. It’s pleasant. More quiet, I like it. But I will call you again soon..” he replied.

“Take your time. Stay healthy and pray for us, yes? I’ll be here, inshaallah..”

And he said the salam very cheerfully. I know he is now calmer and happier to hear me taking everything easy, and not panicking. ๐Ÿ˜Š๐ŸŒผ If I were panicked and stress up, I’m very sure he will fly 14,000 km from Netherlands to Indonesia just to accompany me. ๐Ÿ˜๐Ÿ˜…

Don’t worry, Ace. Allah is protecting us all, inshaallah. I’ll see you soon in Jakarta, yes? I miss you and I love you. You’re my best friend and love of my life. Wallah. And Allah knows it. ๐ŸŒผ๐Ÿฐ

Eruptions and Quakes

Today, Tangkuban Parahu volcano (in Bandung) erupted for the third time this week. And just 1.5 hours ago, earthquake in Jakarta.

I was still sitting on my chair at my work station, finishing my monthly report, when suddenly I felt the desk shaking side by side. The water inside my glass also shaking quite hard. My office mates and office boys shouted, “Gempa ini. Gempa!” (Earthquake. This is earthquake). Some are doing takbir and istighfar. I froze and tried to not panicking.

I updated a Facebook and whatsapp status, “Wow.. Gempa..” (Wow, earthquake) to let my distant friends and family know what was happening, just in case they couldn’t reach me afterwards. No, I don’t need any fame from any status I made. I learned from some past passing friends as we cherished their last thoughts they put on their social media. If that were my last hour of living, at least my friends and family know what happened to me. I know it sounds “lebay” (means overreacted), but that’s what I was thinking.

Anyways, the quake happened for a solid 2 minutes. Now that is very long! Normally, earthquake only happens for 20 to 40 seconds, but this was different. I told ya, solid 2 minutes, maybe more. Because I took a video of the swaying chandelier at the office (mid room and also the lobby). Its duration is 2 minutes and 1 second, and the quake already happened for at least 15 seconds. And while quaking, I keep pressing my hand against the wall. It’s still shaking, so it means the ground still shaking too.

After the quake stop and settled, I checked on my children via WhatsApp Group. My daughter is on community service in Bogor. All Indonesian college students are required by the university to do this before we graduate and earn our degree. She informed me she felt the quake quite hard. I replied, yea me too. Her brother, my son, however, didn’t even realize it was quaking. ๐Ÿ˜…

However, after checking on my children, I reached my family–dad, sisters, brother–and also relatives who live in another cities and island. My dad and sister lives in Bali island (about 900 km away from Jakarta), they felt no quake. My relatives in Bandung (West Java, about 200 km away from Jakarta) felt it. But not as hard as Jakarta, I assume.Still, it made people who were attending the public places (malls, cinemas, restaurants) panic.

This is the hardest quake in 2 years in Jakarta, Bogor, Bandung, even Lampung. And guess what, the government issued early tsunami warning about this. Ouch!

The next thing I did was messaging Ace in Netherland. “Jakarta just quake for 2 minutes. Potentially tsunami.” and I also sent some screenshots of the government’s announcing the occurrence and early tsunami warning via their social media channels.I haven’t spoke with Ace for days now. It’s not normal for us, since we always talk. But I understand he needs his time alone, away from phone calls, I know.

Anyways, we both promise to keep informing each other the importants. If I didn’t inform him any of this news, that is an insult for our friendship. I understand that, he understood that.

And I also know he will freak out, even raged, if anything bad happens to me. ๐Ÿ˜… As much as it’s fun to see him panicking, I don’t want him to fly from Netherland all the way to Indonesia (again) just because he fears something bad is (or will be) happening to me. ๐Ÿคฃ He may not say it loud and clear, but I know he loves me that much. As his true friend. #ouch #friendzonesucks ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

I will continue to write again about this later. Just please pray for us, may the tsunami not really happen to us. Thank you. Barakallah. And for all my brothers and sisters who live along the coastline of Banten and Lampung, area, fii amanillah.

May Allah protect us all. ๐Ÿ™

Tips Awet Muda dan Sehat Sampai Tua

Tak sengaja menemukan kembali tulisan empat tahun lalu (saya tulis 20 Januari 2015) ini di facebook saya. Flashback deh jadinya.. ๐Ÿ˜๐Ÿ™ Semoga bermanfaat..

===============================

Inget cerita saya soal bus mogok dan Pak Polisi Suryadi dulu itu? Nah ini dia Abang kondektur ramah yang ngobrol dengan saya waktu itu. Nama beliau Hakim.

Barusan ketemu beliau lagi di bus Bianglala 76 Ciputat – Senen. Surprisingly, dia ini hanya beda 5 tahun dgn almarhumah mama saya. Wow. Saya pikir Bang Hakim masih usia 30an! Dan saya dapat ilmu baru dari beliau

Bermula dari cerita ringan soal pengelolaan sampah di kampungnya (dekat Pasar baru Ciputat, depan Carefour Ciputat). Warga membayar Rp15.000 per bulan untuk petugas kebersihan. Setiap rumah warga menyiapkan karung di depan rumah dan petugas kebersihan akan lewat dengn gerobak dorongnya, mengambili karung dan menumpahkan sampah ke dalam gerobak. Mereka sudah tertib dan lingkungan relatif bersih, begitu pengakuannya (saya harus cek lagi kelak, hehe..) Sayangnya, setahu saya, di lokasi itu terkenal dengan pemotor (biker) yang membawa sampah dari rumah masing-masing lalu menggelontorkannya ke trotoar separator Jalan Raya Ciputat.

“Nanti memang ada petugas yang akan mengambil sampahnya, Kak,” terangnya.

“Tapi tetep aja mengganggu pengendara lainnya tuh, Bang,” sanggah saya.

“Iya sih. Biasa deh itu pendatang. Nggak mungkin kalau warga sekitar sih,” jawabnya lagi. Hmmm..

Kemudian berlanjut ke cerita pengelolaan makam di dekat permukimannya. “Warga membayar Rp3.000 per minggu untuk menggaji karyawan TPU. Jadi kelak ada yang meninggal, administrasi dan pengurusannya lebih mudah. Kalau orang luar bisa jutaan. Cukup lah bayaran segitu dari warga. Jumlah kami ada 5 RW. Sisanya disimpan untuk kas,” katanya. Ia juga bercerita soal makam-makam yang tak lagi ditengok keluarganya. Jika dalam 6 bulan satu makam tidak diurusi, sama dengan musnah. Suatu waktu petugas makam akan mengumpulkan belulang tak terurus itu menjadi satu dan menguburkannya di tempat khusus, agar tanah bekas makamnya itu bisa dimanfaatkan oleh keluarga lain. Wow.. untuk meninggal aja keras juga peraturannya ya. :v Saya sampe bengong mendengarnya.

“Kok Abang tau banyak soal itu?” tanya saya.

“Iya. Setiap Jumat saya ke makam. Mengurus makam ayah, ibu dan kakak saya,” jawab dia.

Kemudian beliau bercerita soal penyebab wafat orangtuanya. “Maklum sudah tua,” kata Bang Hakim soal kematian ibunya 1,5 tahun lalu.

“Ibu saya wafat usia 108 tahun,” tambahnya, membuat saya melongo. Hah! “Ayah saya juga wafat 15 tahun lalu, usianya waktu itu 127 tahun,” lanjut dia, membuat mulut saya makin ternganga. *GUBRAKSSSS GULING-GULING-GULING dalam hati*

WOW!! Gimana caranya bisa sampai seusia itu?

“Ayah saya berhenti makan makanan yang digoreng atau berminyak. Dia hanya makan pepes. Ikan pepes, tahu pepes, semua serba pepes. Dia juga ngga makan atau minum es. Kata ayah, jangan pernah minum air kulkas pada pukul 10-11 malam karena itu membuat kering sumsung tulang dan menyebabkan rematik,” katanya.

Saya cataaaaaat! Wow.. “Sejak kapan ayah hanya makan pepes?” tanya saya, penasaran.

“Sejak usia 40 kata ibu dulu sih. Ibu saya juga sama, hanya makan pepes-pepesan. Ayah saya juga rajin olahraga. Jam 3 subuh sudah bangun dan olahraga. Dia dulu kan punya toko kembang di Rawabelong. Jadi sejak subuh sudah aktif angkat-angkat pot dan menyusun kembang,” ujar Bang Hakim. Wow..

Obrolan kami terputus karena bus sudah melewati macet dan si abang harus kembali bekerja. Beneran obrolan singkat penuh ilmu. Terima kasih, Bang Hakim. Tips hidup sehat dari ayah dan ibunya Abang sangat hebat. Semoga ilmu ini bermanfaat buat banyak orang dan menjadi amalan tak berkesudahan bagi ayah dan ibunya Abang ya. Aamiin..

Begitulah hebatnya bincang ringan tapi sarat ilmu. Buat saya, ini dakwah ringan, dan itu bisa dilakukan seorang kondektur. Trus masa kita ngga bisa? ๐Ÿ™‚

Happy Tuesday, all.. ๐Ÿ˜๐Ÿ™

Prepare yourselves from tsunami

Last Saturday, a tsunami wave struck and destroyed three districts of Indonesia: Lampung Utara (of Sumatra Island), Serang and Pandeglang (of Banten, in Java Island). Death toll reaches 400 and counting. Dozens still missing. Hundreds of buildings, houses, hotels, are wrecked, heavily damaged. There was no earthquake, so nothing triggered the early warning system. Experts think, the tsunami was caused by collapse after the Anak Krakatau volcano erupted.

This disaster had become a highlight not only local medias, but international medias as well. It’s only natural because Krakatau volcano can be a very serious threat. The last time it erupted was 1883, and it caused massive disaster in Indonesia, all the way to the rest of the globe, even America continent. The ashes flew so high and so thick, the sun ray could not penetrated the smoke, causing Indonesia–this tropical country–suffered 8ยฐC temperature for months. Surviving people at that time were facing froze to death threat, crops dried out, children were dying from hunger. Awful, AWFUL, time. Guess the world still remember and took record on that hundred years ago. We know, we do. ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ

And of course, not only the volcano eruption, tsunami is also deadly that caused death toll at that time very high. About 38.000 deaths, I think (if I can still remember good of the history I learned in the school). And that was ancient time where people are not as many as they are now. Sumatra and Java islands are Indonesia’s main islands, where most of Indonesians live here. If the eruption happens again, plus tsunami hit Banten, Lampung, Jakarta (where I dwell), Tangerang, Bekasi, Cianjur, Sukabumi, as predicted, well…. Almost certainly, the death toll will reach millions. I’m not kidding. Jakarta alone is inhabitated by about 11 millions people. And not to mention the Bodetabek–Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (cities that surround Jakarta), about 20 millions more live in those cities. Don’t believe me? Google it. ๐Ÿ˜ Well, my data may not be very accurate though.. It’s just a rough calculation. Do your own homework, dude. ๐Ÿ˜‹

Anywaaaaay.. My entry for now is these link of videos made by the UNESCO: short educational films about tsunami. My teammate at the office group shared it, and I thought, well this is useful, so I’ma sharing it with the world via my blog, because why not, right? So, enjoy. Hope the information is useful. ๐Ÿ˜‰๐Ÿ™

openclipart.org

1. Tsunami Preparedness

2. Tsunami Early Warning System

3. Tsunami Evacuation

4. Tsunami Survival Strategy

(Source: IOTIC UNESCO)

Well, if you guys heard about volcano eruption, landslides, earthquake, tsunami happen in Indonesia, please pray for us and wish us luck.. ๐Ÿ™๐Ÿ˜Š May Allah protect us all.

Ramadhan Story: Day 19 – Grab your Iman (1)

Dua hari berturut-turut ini saya naik grab sampai ICBC Tower Tosari (Sudirman). Dan dua kali berturut-turut itu pula, dapat sopir ojol (ojek online) yang asyik diajak ngobrol. Eh sebagian besar ojol saya selalu enak diajak ngobrol deng. Mungkin karena saya cerewet, chatty, jadi “berjodoh” dapat ojol yang juga chatty. ๐Ÿ˜

Anyway, ojol saya kemarin, malah saya kasih tausiyah. Haduuu maaf, Pak. Ngga bermaksud menasihati yang lebih tua, tapi entah kenapa obrolan kami malah jadi menjurus ke arah “kultum” (kuliah tujuh menit, tausiyah khas Indonesia 7 menit menjelang adzan maghrib) ๐Ÿ˜ Padahal ngga pernah direncanakan untuk sampe begitu. Spontan aja gitu. Dan di tengah-tengah, saya tegas bilang ke si bapak, “Maaf saya bukan ahli agama ya, Pak. Saya cuma berbagi ilmu karena kebetulan saya suka membaca dan mendengarkan dakwah ustadz dan syekh di radio, youtube, website, dan medsos lainnya.” Dan, alhamdulillah, si bapak malah senang hati mendengar “tausiyah” saya. Hahaha.. terima kasih, Pak.

By the way, apaan isi obrolan kami? Pertama, tentunya, tentang hidup yang makin berat di Indonesia ini, khususnya Jakarta. Utamanya untuk kaum mid class ke bawah, apalagi “proletar” seperti saya. Berat, sampe pusing pala berbi tiap hari.

Meski begitu, masuk ke pembahasan berikutnya, ya udah sih hidup dibawa asyik aja. Disyukuri, dinikmati, dan dijalani dengan gagah berani. Apalagi Allah sudah berjanji, rezeki untuk anak Adam semuanya sudah diatur oleh Allah. Jadi kenapa harus kuatir kelaparan. Insyaa Allah gak akan kelaparan. Itu janji Allah, dan Allah selalu menepati janji.

Ketiga, saya mengutip obrolan dengan Pak Ahmad Sadaruddin (kalau lupa beliau siapa, liat status panjang saya Rabu, 30/5 lalu, ya.. eh iya, jadi keingetan, masih bersambung itu. Soalnya kisah sama driver kantor belum saya tulis. Nanti, yah.. abis ini, insyaa Allah. ๐Ÿ˜…) saya kutip obrolan kami soal how to live tawakkal, terkesan nothing to lose, ala Pak Sadar. ๐Ÿ˜ Nah si bapak ojol ini menyimak sangat cermat penjelasan saya mengutip Pak Sadar itu. Mirip sama poin kedua di atas: percaya sama janji Allah yang PASTI ditepati-Nya. Percayalah, Allah ngga akan menyia-nyiakan apalagi menelantarkan hamba-Nya yang bersabar dari godaan “menghalalkan segala cara” akibat kebutuhan hidup, alias mau duit cepet tapi gak mau kerja keras, apalagi kerja cerdas.

Satu hal yang bikin saya kaget, Pak Ojol dengan jujur bilang, dulu dia sempat kena virus korupsi. Dan beliau bilang, “Saya bertobat, Bu. Karena bener, uang korupsi itu panas. Ngga ada sisanya sama sekali karena saya jadi hedon, foya-foya. Banyak uang juga ngga berguna cuma lewat aja. Malah bikin saya kacau lahir batin, malah lebih jatuh lagi kondisi saya dibandingkan dulunya. Sampai sekarang jadi ojek begini. Saya jadi sadar, korupsi memang merusak diri, mungkin karena mengambil hak orang ya. Sama saja dengan merampok. Ngga ada barokahnya. Saya kapok, Bu. Tobat.”

Nah lho.. ๐Ÿ˜

Saya jawab, “Alhamdulillah, Pak. Berarti Allah masih sayang Bapak. Apalagi Bapak masih dikasih sehat sama Allah, jadi masih bisa cari nafkah. Soalnya, setahu saya, rata-rata orang yang hobi korupsi itu biasanya dikasih sakit parah bertahun-tahun, sampe bikin uang yang dikeluarkan jauh lebih besar daripada nilai yang dikorupsinya. Merugi pokoknya. Nah, Allah masih sayang Bapak. Tapi, jangan diulangi ya, Pak. Taubatan nasuha, insyaa Allah barokah dan istiqomah. Insyaa Allah, kelak, keadaan Bapak dan keluarga jadi lebih baik.” Saya sambil ngedoain juga tu. Hehehe.. Aamiiin aamiin ya mujibas-saailiin. Doa Ramadhan, semoga Allah mengijabah. ๐Ÿ˜Š๐Ÿ™ Ngga ada yang lebih Allah senangi daripada orang yang bertobat dengan sungguh-sungguh. Saya aja suka dengernya, apalagi Allah yang Maha Pemaaf dan Maha Pemurah. ๐Ÿ˜‰

Ketika akhirnya saya turun dari motor dan kami saling berucap terima kasih, ehhh pak ojol tetiba nanya, “Ibu ini hajjah ya?”

Hah! ๐Ÿ˜„

Saya jadi ketawa. “Ahahaha.. aamiin! Belum, Pak. Mau umroh juga belum kesampaian, ketipu travel. Belum rezekinya kali. Insyaa Allah kelak, kalau diundang Allah.” Trus saya pamitan dengan hati riang. Pertanyaannya tersisa satu, emangnya saya udah pantas jadi hajah? ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜ heu… Amanah “titel haji/hajjah” itu berat, Jenderal!

Euh, panjang, ya.. Udah dulu ah. Lanjut berikutnya ya. Hehehehe… (janji lagiiihh.. duh, saya banyak utang neh ke pembaca…) ๐Ÿ˜ tu bi kontinyu, beneran deh.. ๐Ÿ˜˜๐Ÿ’• Sabar. Sabar disayang Allah. Disayang Nina juga. ๐Ÿ˜‰๐Ÿ’•

Hahaaaayyy!

[Opini] Ayo Kerja, “Kesebelasan Indonesia Kerja”

Menteri-menteri kabinet Indonesia sekarang hebat-hebat bener analisis dan aksinya lho…

Mentan menyebut turunnya konsumsi beras adalah karena masyarakat makan mi instan dan ngemil sagu. Hehehe.. Analisis yang luar biasa, Pak. Ilmu dari universitas mana ya itu?

11061292_10153780837909546_7234714834259423016_nSila baca media:
KOMPAS:
http://nasional.kompas.com/โ€ฆ/Mentan.Sebut.Konsumsi.Beras.Tuโ€ฆ

DETIKCOM:
http://m.detik.com/finance/read/2015/03/20/125622/2864593/4/

REPUBLIKA (cukup sopan, dgn tdk menyinggung soal mi instan dan camilan lainnya yg disebut Pak Menteri)
https://www.google.com/urlโ€ฆ

VIVANEWS (agak sadis judulnya. Hahaha..)
http://m.news.viva.co.id/โ€ฆ/603783-banyak-camilan–konsumsi-โ€ฆ

Soal ini, semoga membuat pemerintah berhenti mengimpor beras. Cukuplah gunakan beras lokal sebagai prioritas persediaan beras.

Menteri lain yang luar biasa adalah Mensos! Kenapa? Karena dia bagi-bagi rokok kepada orang suku rimba. Bravoooo!! Ibu Menteri jadi SPG dengan gaji terbesar sedunia. ๐Ÿ™‚

Baca REPUBLIKA:
http://m.republika.co.id/โ€ฆ/nlkn3o-bagi-rokok-ke-orang-rimbaโ€ฆ

SCTV/Liputan6:
http://m.liputan6.com/โ€ฆ/mensos-bagikan-rokok-gratis-ke-oranโ€ฆ

Bu Menteri, gimana kalau lain kali memberikan bantuan dan penghormatan itu dengan cara yang lebih sehat? Memberi makanan bergizi misalnya, daripada rokok yang mematikan. Suka ngga suka, Ibu sudah jadi menteri. Jadilah teladan bagi rakyat.

Ada lagi yang sangat hebat analisisnya adalah Pak Presiden dan Wapres sendiri, soal melemahnya rupiah terhadap dolar. Dikatakan, dolar menguat justru bagus untuk ekspor. *gubraks* Aduh, ya begini deh kalau pengusaha/eksportir yang menganalisis. Tapi secara mikro-makro, kita aja yang cuma lulusan S1 Ekonomi Studi Pembangunan paham kalau statement itu “jauh panggang dari api” buat economic growth.. Kenapa? Well… karena, pertama, Indonesia senengnya berutang yang berbunga. Dengan kurs dolar! Bahkan APBN yang disusun dananya tidak pernah murni penghasilan negara–pasti pake berutang luar negeri. Dan berutangnya pake dolar, jangan lupakan itu sodara-sodara! Begitu juga interest (bunga) utangnya, ya pake dolar. ๐Ÿ™‚ Kedua, kita semua tau kalau Indonesia demen juga mengimpor, tentu dengan kurs dolar pula. Nah! ๐Ÿ˜€ Gimana mau bikin pertumbuhan ekonomi melaju?

Baca KOMPAS:
http://bisniskeuangan.kompas.com/โ€ฆ/Wapres.Dollar.AS.Menguatโ€ฆ

ANTARANEWS:
http://m.antaranews.com/โ€ฆ/presiden-pelemahan-rupiah-untungkโ€ฆ

Oh, oh lupa satu lagi…. Mendikbud, yang analisisnya sangat mengagumkan. Menanggapi fenomena sekitar 300-an guru di Jatim mengajukan pensiun dini, langsung dibilang bahwa mereka (guru) hanya mau dapat uangnya saja dan menelantarkan murid. Katanya, menjadi guru adalah panggilan hati. Jadi jangan pakai alasan ekonomi.

Baca JPPN:
http://m.jpnn.com/news.php?id=293019

Yaa bener sih, Pak, jadi guru itu adalah panggilan hati. Tapiiiii… apa ucapan itu secara tak langsung artinya Pak Menteri menuding guru sekarang komersial dan enggan berbakti kepada negara? Pak… dulu yang ngajarin Bapak di sekolah tu siapa kalau bukan guru? Apakah semua guru yang mendidik Pak Menteri itu komersil? Masa sih???? Tapi bukan berarti tidak ada guru yang berdedikasi lho. Kenapa ngga ada empati dan renungkan sedikit saja, pertama, berapa sih gaji guru? Kedua, berapa sih besaran pensiun mereka? Ketiga, kenapa sampe rame-rame mengajukan pensiun dini? Keempat, kalau memang syarat sertifikasi guru itu memberatkan, bagaimana menyiasatinya? Dengan ujian persamaan atau ujian khusus untuk guru kah? Atau apalah….bikin regulasi yang men-support guru. Mereka itu pahlawan tanpa tanda jasa beneran lho! Masa dituding macam-macam… hadeeeehhhhh….

Selebihnya, kita yang rakyat ini cuma bisa jadi penonton dan komentator. Yah ibarat pertandingan sepakbola, kabinet Indonesia adalah kesebelasannya. Kita berharap “Indonesia Kerja FC” selalu menang dalam setiap kompetisi. Jangan sampai “pelatih dan manajernya” diganti paksa oleh para supporters.

Come on, wake up, you guys!

Semangat.

[Wisdom] tak ada waktu untuk mengeluh

Pak Saidi and I

 

Inget Pak Saidi, tukang parkir di Indomaret Pupan, yang pernah saya ceritakan di wall beberapa pekan lalu? Pagi ini kami bersua dan dia langsung bercerita kondisi ibunya yang sakit. Dan, seperti biasa, tak ada nada mengeluh ataupun beban mahaberat. Ia bercerita sambil tersenyum lebar.

“Sakit apa ibu, Pakdhe?” tanya saya tadi.

“Biasalah, sakit tua. Udah tua gitu,” jawabnya, masih nyengir. Namun, tak dimungkiri, ada rona kesedihan di matanya.

Obrolan kami berkali-kali terpotong oleh kesibukan ia memarkirkan mobil. Walau begitu, ia menyempatkan diri berbincang dengan saya, yang duduk di pagar pembatas areal parkir Pupan.

“Saya seminggu ini bolak-balik terus, sini dan sana (maksudnya Cikarang, rumah Pakdhe Saidi–nin). Waktu ibu sakit, dia minta dianter ke rumah saya yang di sana. Ya udah, saya anter. Saya tanya ke ibu, kuat ngga jalannya? Kalau ngga kuat, ya udah naik taksi. Lumayan, dari sini ke rumah saya nyampe Rp250.000 aja sih,” kisahnya.

“Astaghfirullahal’azim.. mahal juga ya,” tanpa sadar saya berseru.

Pak Saidi hanya tertawa kecil. “Soalnya ibu kan udah nggak kuat bangun, ya udah naik taksi,” balasnya. Tak ada nada keberatan sama sekali. Saya sampai menggelengkan kepala. Bukan karena ongkos taksi yang seperempat juta rupiah itu, melainkan karena sikap besar hati Pak Saidi menuruti kemauan ibunda tercinta. Sementara, kita tahu bahwa ia bukan orang yang berkecukupan, walaupun ia berhasil menyekolahkan istrinya sampai lulus S1 dan ketiga anaknya. Bermodal kegigihan menjadi tukang parkir dan kerja serabutan…sungguh saya mengagumi semangat bekerja dan kebesaran hatinya.

“Senin ibu minta antar, Selasa saya balik sini, Rabu subuh ibu telepon, minta dijemput pulang. Tau nggak jam berapa minta pulang?”

“Jam berapa?”

“Jam setengah tiga subuh. Orang mah masih tidur, ibu nelepon minta dianter pulang,” jawabnya sambil terkekeh.

“Ya Allah,” saya jadi ikut tertawa.

“Ya udah saya bilang, iya nanti pagi saya anter,” ia kembali terkekeh.

“Tapi ibu di sini ada yang ngurus kan?”

“Ada kakak saya,” jawabnya.

“Nah kemarin itu saya bolak-balik deh. Jadi, Jumat, Sabtu, Minggu saya kerja juga akhirnya,” ujar Pak Saidi lagi. Tumben. Biasanya setiap weekend ia menghabiskan waktu di Cikarang bersama keluarga. Mungkin karena menggantikan waktu kerja beberapa hari yang terpotong karena melayani sang ibu.

Perasaan saya jadi campur aduk. Antara kagum dengan semangatnya, kagum dengan kasih sayangnya kepada ibunda tercinta, kagum dengan rasa tanggung jawabnya menafkahi keluarga, kagum dengan rasa syukurnya menjalani hidup sehingga ia tak lagi punya waktu mengeluh.. Sungguh, Pak Saidi, dengan segala kesederhanaan dan kesahajaannya, adalah salah satu manusia paling mengagumkan di mata saya.

Semoga ibunda lekas sehat dan segar kembali, ya, Pak..

View on Path

[Journalism] beginilah luapan kekecewaan rakyat kecil

indonesia-cities-cityscapes-jakarta-skyline-2710105-1920x1200
Jakarta: Sudirman Area. Famous of its massive crazy traffic. (courtesy of hdscreen.me/walls/)

Pagi ini, seperti biasa, begitu turun dari halte Trans Jakarta, menyeberang jembatan penyeberangan ke arah Benhil, saya disambut ojek langganan. Bukan Pak Toha, bukan Pak Pardi, saya lupa menanyakan nama bapak ojek satu ini, tapi beliau langganan juga.

Saya bicara soal kemacetan di Ciputat. Saya naik dari halte APTB sejak 06.45 WIB, bus baru jalan sekira 07.15 WIB, tiba di Benhil 09.10 WIB. Euh.. kalah saya, “balapan” sama macet. “Biasa Bu di Ciputat mah. Apalagi sorenya nanti pulang, penuuuuh,” kata Pak Ojek, yang ternyata sering mendapat sewa ke arah Ciputat dan Pamulang itu.

Selanjutnya, Pak Ojek tiba-tiba mengalihkan pembicaraan. “Bu, menurut saya, kalau dipikir-pikir, orang-orang kayak kita ini pejuang ya, Bu. Bekerja mencari nafkah di Jakarta yang kondisinya berat begini. Kita tetap sabar dan mencari rezeki halal. Ini kan jihad ya namanya, Bu?”

“Insyaa Allah, betul, Pak,” sahut saya.

“Nah, jadi sebenernya kita ini ngga perlulah jauh-jauh berjihad sampe ke… mana itu, Bu…. Palestina. Atau Afganistan begitu ya. Cukup di sini saja, mencari nafkah saja ini sudah jihad, ya kan?” katanya lagi.

Saya cengengesan mendengarnya. Tidak ada keinginan berdebat lebih panjang, jadi saya biarkan si bapak ojek berceloteh. Namun, kalimat beliau selanjutnya membuat saya ngakak sejadi-jadinya.

“Saya sempet punya pemikiran, Bu, orang-orang yang katanya berjihad dengan cara ngancurin rumah-rumah ibadah, itu menurut saya bodoh banget. Ngapain rumah ibadah dihancurkan? Salah sasaran itu. Kalau mau mendingan ledakin aja tuh gedung DPR,” ujarnya. Nada suaranya mantap dan tegas.

Gedung DPR/MPR Jakarta (courtesy of zona-populer.blogspot.com)
Gedung DPR/MPR Jakarta (courtesy of zona-populer.blogspot.com)

Asli saya ngakak di motor. Maaf, bukan maksud menertawakan pemikiran bapak, begitu saya katakan kepada Pak Ojek. Dia tidak protes dengan tawa saya.

“Tapi beneran, Bu. Kata saya sih mending ancurin tu gedung DPR, di situ isinya teroris semua soalnya,” Pak Ojek mengulangi kalimat itu saat saya turun. Di matanya tidak terlihat canda, melainkan keseriusan. Saya sampai tertegun.

“Kenapa Bapak sampai punya pemikiran seperti itu? Setahu saya, sekecil apapun pemikiran, pasti ada alasan yang kuat sampai Bapak menyampaikannya ke orang lain,” tanya saya, serius.

garuda_indonesia_by_drud_studio-d69koq3
Garuda Pancasila animated (courtesy of th01.deviantart.net)

“Ini hasil pemikiran dari kekecewaan dan kemarahan yang bertumpuk-tumpuk, Bu. Beneran deh. Kenapa mereka itu tidak bekerja dengan benar untuk rakyat, memperjuangkan rakyat kecil kayak kami ini, malah sibuk dengan partai, gontok-gontokan, dan memperkaya diri sendiri,” ucapnya. Saya makin terperangah mendengarnya. Tak ada lagi senyuman di wajah saya.

“Sabar aja ya, Pakdhe. Semoga ke depannya hidup rakyat di negeri ini semakin baik,” saya menyerahkan selembar uang kepada beliau, berterima kasih sambil tersenyum dan mengucap agar ia berhati-hati di jalan.

Setelah itu saya berjalan ke arah lobi kantor, bertegur sapa dengan kawan-kawan yang ada di selayang pandang. Namun kepala saya penuh dengan ucapan Pak Ojek tadi. Beliau mungkin profesinya “hanya” tukang ojek, tapi ucapan polos itu sangat menusuk ke hati.

Kalau saja para pejabat dan para dewan yang terhormat itu mau mulai mendengarkan suara rakyat kecil semacam mereka, kami dan kita…..

Mari berdoa untuk keutuhan bangsa ini. Biar saja para elit politik yang bertengkar, tapi rakyat Indonesia tetap solid bersatu, tanpa membedakan ras, kulit, mata, agama, jenis kelamin, profesi, strata sosial, dan pendidikan.

Bagaimana? ๐Ÿ™‚

[Wisdom] Elfa, mahasiswi informatika menyambi sopir taksi

Sepulang dari Plaza Semanggi tadi saya naik taksi Blue Bird. Rada tertegun karena sopirnya perempuan, muda dan gaul (karena radionya memutar lagu Black Eyed Peas dan Maroon 5, hehe..) saya langsung menebak, “Masih kuliah ya, Mbak?”

image

Perempuan ayu bernama Elfa Oktaviani itu mengiyakan pertanyaan saya. Dari spion tengah saya bisa melihat sunggingan senyumnya. Manis. Selanjutnya perbincangan mengalir. Baru tiga bulan ia jadi sopir taksi Blue Bird. Capek nggak, merambahi jalan Jabodetabek sepanjang hari, setiap hari. “Capeknya dibawa senang aja, Bu. Kalau senang, kita menjalaninya enak,” jawabnya. Saya terkesan dengan gaya bicaranya yang polos tapi terpelajar itu.

Perjalanan Semanggi – Benhil memakan waktu kurang dari 20 menit, tapi saya mendapatkan banyak pelajaran dari Elfa, yang saya perkirakan berusia tak lebih dari 21 tahun itu. Seusia adik bungsu saya, Ellivia Nadia Putri.

Elfa adalah anak tertua, memiliki dua adik, perempuan (kuliah di Yogya) dan laki-laki (kelas 3 SMP). Ayahnya sudah tiada sejak 10 tahun lalu. Sejak itu ia turut banting tulang membantu ibunda membiayai diri sendiri dan adik-adiknya.

“Saya sempat cuti setahun untuk bekerja, karena tempat kerja yang lama tidak membolehkan pekerjaan terganggu kuliah. Ya sudah, saya pikir biar adik saya dulu saja yang selesai kuliah. Alhamdulillah sekarang adik sudah hampir selesai kuliah dan sudah bekerja magang juga di Pertamina Yogyakarta,” tutur mahasiswi jurusan Informatika BSI Bekasi ini.

Syukurlah, Blue Bird tempatnya bekerja memberi perlakuan khusus bagi pengemudi yang masih berstatus mahasiswa. “Saya boleh libur di hari tertentu untuk kuliah. Jadi jadwalnya beda dengan driver lain,” katanya. Ia juga mengaku digaji dengan sistem flat fee dan menyetor Rp500.000 per hari. Jadi, setiap harinya ia berangkat subuh dari pool-nya di Bekasi dan pulang ketika setoran sudah sampai di angka Rp500.000. Biasanya sekitar pukul 17.00an.

“Asyik kok Bu jadi sopir taksi. Ketemu banyak orang, macam-macam perilakunya, dan karena kita jalan-jalan terus, yang tadinya nggak tau jalan ke situ, sekarang jadi tau,” jelas Elfa, ceria.

Hanya satu hal yang menurutnya berat. Yaitu soal buang air. “Kalau laki-laki sih gampang mau buang air kecil bisa minggir dan cari pohon. Lha kita yang cewek kan susah. Makanya tadi mampir ke Plangi tadinya mau buang air kecil dulu, eh (antrian) teman-teman ternyata maju terus. Ngga jadi deh,” katanya. Iba, saya segera menawarkan Elfa untuk singgah sebentar di kantor guna ke toilet, tapi dengan sopan ia menolak. “Nggak apa-apa, Bu, saya masih bisa tahan kok,” sahutnya sambil tersenyum lebar.

Minum banyak adalah suatu keharusan bagi sopir taksi dalam kota seperti Elfa. Karena seharian menyetir dan terkena AC, mereka bisa dehidrasi. “Risikonya minum terus ya beser, Bu,” ia terkekeh.

Saya sempat berceloteh soal banyaknya para perempuan tangguh yang berprofesi sebagai sopir dan kondektur bus kota saat ini di Jakarta, Elfa mengiyakan. “Betul, Bu, sekarang kondektur Kopaja AC juga banyak perempuan,” cetusnya. Sebagai sesama perempuan bekerja, plus orang lapangan yang juga melihat sendiri kerasnya Jakarta, saya salut dengan ketangguhan mereka. Apalagi mengingat pergaulan di jalanan dan terminal sangat keras. “Kalau saya, alhamdulillah, teman-teman di pool memperlakukan saya dengan baik dan sopan,” ujar Elfa, seraya menambahkan ada enam sopir perempuan di pool-nya, tapi yang berstatus mahasiswa hanya dia.

Elfa mengaku kadang iri dengan orang-orang yang jadi penumpangnya. “Kelihatannya enak banget ya bisa setiap hari berangkat dan pulang kerja dengan taksi, tinggal duduk manis lalu bayar. Kerja apa ya mereka. Gajinya berapa. Tapi lama-lama saya sadari, itu hanya kelihatannya saja enak. Saya yakin yang namanya kerja pasti capek dan semua orang punya masalahnya masing-masing, hanya kadarnya saja yang beda. Berpikir begitu, saya jadi bersyukur bisa kerja sebagai sopir taksi,” celotehnya, membuat saya tertegun dan mengangguk-angguk, sepakat.

Sepanjang perjalanan saya perhatikan, tak ada intonasi keluhan di suaranya. Raut wajahnya pun tanpa beban. Tampaknya Elfa menjalani hidup dia yang pastinya berat itu se-enjoy mungkin. Di sini saya mulai malu hati. Hidup saya mungkin saja tidak lebih berat darinya, tapi saya merasa masih sering mengeluh. Kalah telak saya sama gadis muda yatim, yang memilih menikmati pekerjaannya menjadi sopir taksi satu ini. Sopir di Jakarta lho, tingkat kesulitannya level dewa! Ah.. Malu saya.

Dik Elfa, semoga Allah selalu melindungi setiap perjalananmu. Ini adalah jihadmu, demi menafkahi ibu dan adik-adikmu. Semoga Allah meridhoi dan memberkahi. Sampai jumpa lagi ya, dik..

[Journalism] potret lain kota termacet sedunia

10959614_10155264166355533_4657158113235168908_n
The traffic we were facing this morning, before Bundaran Senayan (Senayan Circle)

Kemacetan Jakarta rupanya membawa kerugian bagi petarung jalan rayaโ€”begitu saya menyebut para sopir bus dan angkutan umum Jakarta. Setidaknya itu hasil obrolan 2 jam saya dengan Pak Budi Masrani, sopir bus Bianglala 76 jurusan Ciputat-Senen. Sudah 20 tahun Pak Budi menjadi sopir Bianglala, sejak 1994, tepatnya.

โ€œDulu kami bisa 4-5 rit sehari. Sekarang paling banyak 3 rit. Itupun kalau siang sepi. Kemarin siang saya hanya bawa 12 orang satu bus. Otomatis pemasukan berkurang. Makin banyak aja mobil dan motor sekarang, sampe saya ngga habis pikir,โ€ kata bapak dari tiga putra dan satu putri ini.

10400054_10155264167580533_3679322171004654311_n
Pakdhe kondektur lancar berbicara soal free trade, membuat saya melongo. ๐Ÿ˜€

โ€œIni pasti gara-gara perdagangan bebas. Jadinya produk-produk dari luar negeri masuk seenaknya aja ke dalam negeri. Bangsa yang memproduksi mobil dan motornya malah nggak ngga semacet kita negaranya kan?โ€ sahut Pakdhe kondektur.

Wow. Saya sampe melongo mendengar pak kondektur berambut putih itu nyerocos soal teorinya terkait free trade. Wah, bapak ini pasti sering baca koran. Hehehe.. Mantap!

โ€œLalu lintas semakin parah macetnya itu mulai tahun 2008, Bu. Sebelumnya sih enak, lancar. Sekarang semua orang punya mobil sendiri dan ngga ada peraturan yang membatasi jumlah mobil di Jakarta ini. Jadinya yaa begini deh macetnya,โ€ ujar Pak Budi lagi.

Lebih lanjut, baik sopir maupun kondektur sama-sama mengakui, mereka selalu ngeri dengan โ€œsepak terjangโ€ motor di jalan. Seharusnya mereka diberi jalur khusus saja agar tidak membuat kagok mobil. โ€œKalau bisa jalur mereka di atas aja, jalanannya dibikin tingkat gitu,โ€ seru Pak Budi, membuat saya terbahak.
Sebenarnya itu bukan ide yang terlalu buruk. Tapi, mungkin nggak yaa pemerintah membuat jalanan bertingkat begitu khusus untuk jalur motor?

10991181_10155264167490533_6641775023707742653_n
Pak Budi, sopir bus langganan

Selebihnya, obrolan kami adalah seputar banjir dan macet yang terjadi tiga hari terakhir. Juga bicara soal jumlah armada Bianglala Ciputat โ€“ Senen yang berjumlah 12 bus. Bicara pula soal pemilik Bianglala asal Magelang, yang saat ini sedang semangat mengejar proyek Amari (?) busway yang akan beroperasi pukul 8 pagi sampai 4 sore. Sempat menyinggung juga soal Mayasari Bakti yang ternyata โ€œdikuasaiโ€ oleh orang-orang Jawa Timur. Hmmm..

Meski punya waktu 2 jam, saya kurang bisa intens mengobrol dengan pak sopir. Namanya juga dia sedang kerja. Menjawabi pertanyaan saya dengan baik dan sopan saja saya sudah senang sekali.

Namun, sempat saya tanyakan kepada beliau, โ€œApa ngga pegal, Pak, duduk seharian menyetir?โ€

Pak Budi tertawa, โ€œYa pegal, Bu. Stres juga melihat jalanan macet begini, tapi ya nikmati saja.โ€

Ya, ya.. ๐Ÿ˜€

Memang tidak ada opsi lagi selain bersabar di jalanan di Jakarta, kota nomor satu termacet di dunia. Semoga selamat di perjalanan ya, Pak Budi. ๐Ÿ™‚

Website Powered by WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: