Happy 17th Birthday, Son

My name is I.
My problem is LOVE.
My solution is YOU.

Rite. Hahahaha.. Itu kalimat yg dikatakan sulung saya, Rangga Aviananda kemarin pagi. Dia memang pandai melucu. ^_^ Dia juga pandai membuat tebak-tebakan permainan kata. Padahal kalau dilihat baik-baik, sulung saya ini anaknya tidak banyak bicara dan pembawaannya tenang (atau lemot? Agak saru memang. Hehehe..)

image

Nama Rangga adalah pemberian opanya–papa saya. Maklum, cucu pertama, laki-laki pula. Kata Papa, “Rangga” (Sanskrit) artinya kuda. Harapannya dia tumbuh kuat dan anggun seperti kuda. Ternyata sekarang nyengirnya juga mirip kuda. Hehehe.. “Avia” bisa diartikan sebagai sesuatu yang bisa terbang. Mungkin Opanya Rangga berharap suatu saat anak itu akan terbang tinggi menggapai cita-citanya, sambil tetap terlihat anggun. Aamiin..

image

Untuk saya, Rangga adalah salah satu amanah terindah. Lahir normal di RS Borromeus, Bandung 17 tahun silam, dengan berat 3,05 kg dan panjang 49 cm. Sejak kecil ia pendiam, jarang menangis dan tubuhnya memang kuat–jarang sakit, alhamdulillah. Ia punya bakat “bersentuhan” dengan yang gaib. Namun 12 tahun lalu saya meminta kepada Allah agar ditutup mata batinnya sampai Allah menilai ia sudah siap mental untuk menerima bakat tersebut.

Saat usianya sekira 7 tahun, Rangga menyelamatkan seorang balita yang hampir tenggelam di kolam renang umum di Bukit Golf. Almarhumah mama saya tercinta yang menceritakan betapa heroiknya sang cucu pertamanya itu. “Hebat deh Nien, si Rangga. Semua orang cuma bengong dan kaget ngeliat tu anak megap-megap tenggelam, si Rangga mah langsung terjun ke kolam, trus narik anaknya ke permukaan air trus bantu dia berenang ke pinggir kolam. Cepet banget pokoknya. Setelah si anak itu aman dipeluk-peluk sama ibunya, si Rangga mah udah weh mlipir pergi. Ngga nunggu ucapan terima kasih,” lapor mama saya, sambil tertawa bangga, waktu itu.

Rangga sendiri, ketika saya tanyakan bagaimana kesan yg ia rasakan krn sudah menolong nyawa orang, hanya mengangkat bahu. Dia bilang dengan ringannya, “Ya biasa aja. Kasian kan kalau anak itu tenggelam.”

Beberapa minggu kemudian, dia malah lupa kalau pernah menyelamatkan orang lain.. :p

image

KawaNina yang sudah lama kenal saya dan mengikuti timeline FB saya setidaknya setahun terakhir pasti sudah tau bagaimana perhatiannya si sulung kepada mamamnya–saya. Dia sering berinisiatif yang membuat saya nyengir, bangga. Terutama untuk soal menghibur. Kalau dia melihat mamamnya sedih atau capek, dia suka membuatkan teh manis hangat ditambah dua potong cokelat bengbeng, atau memasak mie goreng plus telor ceplok buat saya. Itu dilakukannya tanpa diminta dan tanpa bicara. Yep. That’s my boy.

Dan hari ini, Rabu, 24 September 2014, tepatnya pukul 09.25 WIB, Rangga akan berusia 17 tahun.

Selamat milad, my boy! Semoga menjadi umat Muhammad, SAW yang sholeh. Semoga kamu mampu menjadi imam yang amanah. Semoga kamu menjadi seorang yang berilmu banyak dan bijak, sehingga senantiasa membawa manfaat bagi sekitarmu. Semoga usia dan waktumu selalu membawa barokah. Aamiin..

image

Mamam loves you.

Advertisements
Categories: Tags: , ,

2 Comments

  1. HBD My Prince Rangga Aviananda, WYATB, Barakallahu fikum. Ada yg mamam kamu tidak tulis disini, mungkin karena terlewatkan, tapi Opa ingat betul bhw Rangga wkt Balita tinggal sama Opa di JKT. Sejak usia 3 tahun Rangga sudah hafal banyak surat2 pendek di Al-Qur’an (Al-Faatihah, Al-ikhlas, An-Naas, Al-Qautsar, Al-Asr, Al-Falaq). Hampir setiap malam kamu selalu membaca surat2 tersebut sebagai do’a sebelum tidurmu utk mamam dan papapmu yg berada di Bandung saat itu. Rangga juga cepat sekali menangkap pelajaran nyanyian lagu2 yg Opa ajarkan, kadang2 lagu2 yg dipelesetkanpun bisa kamu luruskan menjadi lagu yg benar tapi jadi lebih lucu. Satu hal yang Opa ingat, jika Opa ada dirumah waktu sedang tdk tugas terbang. Selalu saja Rangga baru mau makan kalau disuap Opa, itu mungkin karena bagi Rangga makan dengan Opa adalah suatu acara yg menyenangkan, karena Opa selalu melakukannya dengan menyuapkan sendok makan kemulut Rangga dengan diputar2kan dulu seperti pesawat yg sedang terbang seolah2 sendok yg berisi makanan itu adalah pesawat yg akan memasuki mulut Rangga sambil Opa menguluarkan suara dengung seperti suara pesawat. “Ngiung…ngiung…ngiung…buka hanggarnya, pesawat datang… ” Lalu Ranggapun membuka mulut saat persis sendok yg berisi makanan itu menghampiri dan segera juga Opa masukan sendok kemulut kecil itu, sambil mengatakan : “blem”… Saat itu juga Rangga menutup mulut dan Opa menarik sendok yg sdh kosong. Seraya kamu tertawa senang sambil mengunyah makanan itu. Satu hal yg membuat Opa merasa heran adalah bhw tanpa diajarkan atau diatur ternyata Rangga suka sekali makan tahu dan bihun, persis seperti apa yang Opa suka, kenapa ya? Rangga juga pernah diasuh oleh kakak Opa (Oma Mami Murni) dan suaminya (Opa Juli), kemana saja mereka pergi, Rangga selalu berada di pangkuan mereka, baik waktu mereka bekerja memanen kayu albasia milik Opa di Sukabumi maupun waktu mereka di Jogja mengurus Hotel milik Oma Ipol (kakak Opa). Dalam beberapa bulan selama berada di Sukabumi Rangga setiap saat berenang di kolam renang Villa milik Opa sampai seluruh badan kamu hitam legam, karena terkena matahari sepanjang hari. Di Joga Rangga jadi Mascot Hotel, semua tamu selalu menanggap kepandaian Rangga dalam membacakan surat2 Al-Qur’an itu dan mereka semua geregetan liat imut2 dan lucunya Rangga saat itu. Sekarang…. Rangga sdh “Sweet Seventeen”, rasanya baru kemaren Opa menimang2 Rangga, tanpa terasa bhw Opa sudah 17 tahun lebih tua dari waktu kamu dilahirkan. Selamat Cucuku, semoga Rangga tetap mengamalkan apa2 yg telah pernah Rangga lakukan semasa kecil yg opa ceritakan diatas dengan bijak dan bajik… May Allah Bless You Always.

    1. Aamiin aamiin ya Rabb.
      Waaah iyaaa.. bener ituu Opa! Mamamnya lupa menuliskan bagian pinter baca Quran dan lucunya Rangga. Bisa diajak tebak-tebakan sejak usia 3 tahun dan hobinya nonton Mr. Bean. Sampe sekarang itu mah favoritnya Mr. Bean. Hehehe..

      Nuhun sudah mampir, Opaaa.. we love you.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s