salahkah jadi baik?

wpid-wp-1421048264641.jpeg
me and my first born son

Suatu sore, si sulung menjemput ke kantor, sedangkan saya masih editing. Dia duduk manis di salah satu kursi yang sudah kosong di ruangan web. Lalu dia bertanya, “Mam, jadi orang yang terlalu baik itu salah ngga sih?”

Saya berhenti mengetik. Mata saya segera meninggalkan layar komputer. Berpikir. “Namanya yang ‘terlalu’ itu pasti jadinya ngga baik. Sebaiknya kadar baikmu itu proporsional. Kita wajib berlaku baik kepada orang yang memang pantas menerimanya, sisanya kita fleksibel aja,” jawab saya.

“Oh, oke,” sahut si sulung. Anak satu itu memang sedikit bicara tapi banyak berpikir. Dan dia sering melontarkan pertanyaan-pertanyaan yang membuat saya berpikir lebih banyak lagi.

“Mungkin suatu saat kamu akan mengalami harus mengerti dan memaklumi orang yang jahat sama kamu. Orang-orang akan bilang, ‘Sabar. Sudahlah, maklumi saja. Maafkan saja.’ Dan dalam hati kamu bertanya-tanya, ‘Kenapa sih harus selalu aku yang mengalah, harus bisa memaklumi orang br*ngsek, padahal yang perlu berubah adalah dia.’ Mamam kasih tau rahasianya—orang baik itu akan selalu diminta bersabar dan memaklumi, karena memang hanya orang baik yang bisa melakukannya. Jadi meski kelihatannya kamu mengalah, sebenarnya kamu lebih unggul daripada yang br*ngsek itu..”

But, it’s okay to be a nice person. Not so many people can do that, boy..
Be the few, not the many.

Saya ngga tau apakah nasihat itu cukup bijak, tapi mengingat usia si sulung baru remaja, saya kuatir obrolan heart to heart tingkat tinggi terlalu berat buat dia. Jadi biarkan dia menemukan sendiri pengalamannya dan belajar dari situ.Saya hanya berharap, Allah senantiasa mendampingi anak-anak saya dalam belajar hidup.

Semoga Allah selalu melimpahi berkah dan hidayah kepada anak-anakku, menjadikan mereka manusia-manusia sholeh dan sholehah, bermanfaat bagi sekitarnya, serta senantiasa diberikan petunjuk yang lurus, yaitu petunjuk yang Allah berikan kepada orang-orang beriman sebelum kami. Aamiin..

Advertisements

3 thoughts on “salahkah jadi baik?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s