[Talkshow] Mata Najwa: Bupati Bantaeng Nurdin Abdullah

Bupati Bantaeng, Sulsel, Nurdin Abdullah

Salah satu bupati yang paling inspiratif se-Indonesia. Nurdin Abdullah juga dinilai sebagai salah satu bupati paling cerdas di Indonesia, karena dari kalangan akademisi, bahkan bergelar profesor. Ia adalah pengusaha besar yang sudah bekerja sama dengan pihak asing (Jepang). Secara finansial, ia tidak kekurangan sama sekali. Namun, karena desakan masyarakat juga, ia akhirnya mau menjadi bupati, meski tanpa kendaraan politik dan sempat diprotes oleh anak dan istrinya. Hanya saja tekad mengabdi kepada masyarakat tampaknya lebih kuat.

Bupati Bantaeng, Sulsel, Nurdin Abdullah
Bupati Bantaeng, Sulsel, Nurdin Abdullah

Di acara Temu Nasional ke-5 PNPM Mandiri, tahun lalu (5 Desember 2012) Bupati Bantaeng yang full senyum ini bercerita: dulu Kabupaten Bantaeng itu gersang dan kumuh, juga banjir di kala hujan. Lalu ia dan timnya mengubah semua itu sampai jadi sekarang.

Di antara kiprahnya adalah berhasil membudidayakan stroberi ala Bantaeng–alias menerapkan teknologi tepat guna berbasis kearifan lokal. Sampai akhirnya, warga Bantaeng yang biasanya bekerja di luar (kabarnya, mayoritas mereka bekerja di luar sebagai tenaga kasar) mau pulang kampung dan membantu pembangunan di tanah Bantaeng. Hebat betul dia. Tak salah jika ia meraih penghargaan Bupati Paling Inspiratif PNPM Mandiri 2012. Salut, Daeng. Barakallahu fikum!

Silakan ikuti wawancara antara Najwa Syihab (Metro TV) dengan Bupati Bantaeng Nurdin Abdullah awal tahun ini, di atas ini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s