[Journalism] Menyambut Habitat III

logo-pnpm-perkotaanMungkin Keluarga dan KawaNina sudah mengetahui di mana saya bekerja. Yang belum mengetahui, saya bekerja sebagai editor website sebuah program pemerintahan yang bergerak di bidang penanggulangan kemiskinan dan pemberdayaan masyarakat. Sebelumnya program ini bernama Program Penanggulangan Kemiskinan di Perkotaan (P2KP), yang berjalan sejak 1999 sampai April 2007. Lalu, per 30 April 2007, P2KP reborn (terlahir kembali) menjadi Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri perkotaan, berjalan sampai 30 April 2015. Program tersebut sekarang sedang bertransformasi menjadi Program Peningkatan Kualitas Permukiman (P2KP) di Perkotaan–prediksinya akan jadi begini namanya, tapi ini belum resmi. isengP2KP ini akan fokus pada penataan kawasan kumuh dan peningkatan kualitas permukiman di lokasi Padat, Kumuh dan Miskin (Pakumis). Jadi lebih ke infrastruktur. Meski demikian, kita juga masih mengelola program-program lainnya, seperti gender equality–namanya Selaras, Program Penataan Lingkungan Permukiman Berbasis Masyarakat (PLPBK), Program Peningkatan Penghidupan Masyarakat Berbasis Komunitas (PPMK), Federasi Unit Pengelola Keuangan (UPK), Keuangan Mikro Syariah (KMS), dan beberapa lainnya, yang justru diyakini mampu menunjang kegiatan penanganan kawasan kumuh. Namun, sampai saat ini belum ada Pedoman Umum (Pedum) resmi yang diluncurkan oleh pihak Pusat, walau rancangan Pedum sudah ada dan masih menunggu ACC dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

https://i0.wp.com/unhabitat.org/wp-content/uploads/2015/01/Call-for-Regional-and-Thematic-meetings-for-Habitat-III-1-420x470.jpg
courtesy of unhabitat.org

However, saya browsing di internet, ternyata sudah banyak artikel yang menyebut soal “Kota Tanpa Kumuh 2020” (zero slum cities)–sebagai pengembangan agenda Konferensi Habitat II yang dilaksanakan 1996 lalu. Menyusul, akan dilaksanakan juga Konferensi Habitat III di Quito, Ekuador, pada Oktober 2016 mendatang. Sudah hampir dipastikan Urbanisasi dan Kota tanpa Kumuh akan dibahas pada konferensi tersebut. Sebelum konferensi, ada yang namanya rapat persiapan komite atau Preparatory Committee (Prepcom). Biasanya dilakukan 3 kali Prepcom sebelum konferensi besarnya. Untuk Habitat III, sudah dilaksanakan PrepCom 1 di markas besar PBB (United Nations), yaitu New York, Amerika Serikat, pada On 17-18 September 2014. Prepcom 2 juga sudah, di Nairobi, Kenya, pada 14-16 April 2015. Prepcom 3 akan digelar di Surabaya, Indonesia. Yang mau download brosur Habitat III, silakan klik tautan ini, saya arahkan langsung ke website UN-Habitat. 🙂 Menyambut ini, sebagai negara anggota UN-Habitat, Indonesia juga sudah menyiapkan (Draft) Laporan Nasional yang berisi 6 topik, 30 isu dan 12 indikator. Enam topik dimaksud adalah Demografi Perkotaan (Urban Demographic), Lahan dan Perencanaan Kota (Land and Urban Planning), Lingkungan dan Urbanisasi (Environment and Urbanization), Tata Kota dan Perundangan (Urban Governance and Legislation), Perekonomian di Perkotaan (Urban Economy), serta Perumahan dan Pelayanan Dasar (Housing and Basic Services). Dipaparkan juga soal “Indonesia’s New Urban Agenda”. Kenapa saya tahu soal ini? Ada deeeehh.. Hehehehe..

courtesy of abm.org.br

Anyways, ada beberapa artikel tentang kekumuhan yang saya kumpulkan dari hasil blogwalking. Saya copas nanti di entries berikutnya, dengan menyebutkan sumber, tentunya. Saya sangat menghargai karya tulis seseorang, untuk itu sangat penting menyebutkan sumber tulisan dan penulisnya. Jangan meng-klaim tulisan orang lain sebagai tulisan kita sendiri, apalagi mengomersilkannya, karena itu namanya plagiat. Dan plagiat adalah kejahatan serius intelektual. Ingat-ingat itu yaa, KawaNina. 🙂 Selebihnya, selamat membaca.. Related Post:

  1. Kumpulan Tulisan Kegiatan Penanganan Kumuh

  2. Menuju Kota-Kota Tanpa Kumuh 2020
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s